Tuesday, April 03, 2012

Paradoks Pulau Bali

Oleh Zulhabri Supian
“Di tengah puja-puji masyarakat dunia terhadap Bali, pulau ini menyimpan potret buram kemiskinan. Dalam himpitan ekonomi, minim pendidikan dan kesehatan yang layak, minim pula perhatian pemerintah, warga miskin tinggal berhimpitan di bedeng-bedeng bantaran kali, lahan-lahan sewaan dengan tempat berteduh seadanya, mereka harus tetap tegar menapaki masa depannya yang suram. Bantuan bedah rumah pun tak kunjung tiba. Mereka hanya ‘menelan’ janji manis pemerintah dan kandidat pemimpin pada setiap kampanye pilkada (kempen pilihanraya majlis tempatan)”
Begitulah potret paradoks kemiskinan di salah satu provinsi Republik Indonesia yang dilontarkan redaksi akhbar Bali Post 1 Mac 2012 di bawah topik, “Warga Miskin di Bali”. Saya percaya majoriti pelancong dari Malaysia yang berjumlah 169,707 pada tahun 2011 terlepas pandang tentang sisi kelam sektor pelancongan di Bali yang mengatasnamakan “maha dollar”.

Saya sendiri saat kali pertama ke Bali beberapa tahun lepas cukup kagum dengan apa yang terlihat di mata di kasar, rasanya sebuah model pelancongan terbaik di Indonesia yang wajib dicontohi provinsi-provinsi lain yang tidak kalah hebat objek pelancongan mereka tetapi kurang dan salah urus. Seperti banyak bule (orang putih) yang memilih untuk menetap di sana kerana takjub dan cintanya mereka dengan seni budaya dan adat Bali yang dilestarikan sepanjang masa, saya turut terjebak menetap.

Pada isnin lepas, 27 Februari bertempat di sebuah desa di Gianyar saya berkesempatan hadir di dalam sesi diskusi bersama beberapa aktivis NGO yang sedang dalam rangka latihan di Bali untuk penelitian pelbagai lapangan subjek di tempat mereka. Pertemuan santai ini disambut aktivis di Taman 65 dan menghadirkan tamu dari Pontianak, Kalimantan Barat iaitu Pak Aloy mewakili Institut Dayakologi dan Aman Kalbar, Mas Hamdi dari Lombok mewakili Rumah Alir dan beberapa lagi.

Banyak yang dibicarkan dan paling mendapat tumpuan sudah tentu isu-isu berkaitan Bali dan kemiskinan yang dihadapi penduduk. Salah satu poin menarik yang dibangkitkan dan jauh sekali untuk difikirkan pemain di dalam pembangunan Bali adalah tentang bagaimana desa pakraman atau desa adat, sebuah lembaga sosial agama Hindu yang bertanggungjawab sebagai penjaga adat Bali selama ini turut menyumbang kepada pemiskinan warga Bali tanpa sedar, dan sudah tentu juga peranan ini diinisiatifkan oleh pemerintah Orde Baru. Sebagai perumpamaan, membicarakan apalagi mengkritik desa pakraman secara terbuka di Bali merupakan hal yang sensitif seperti mana kita membicarakan soal Islam, Melayu & Raja di Malaysia.

Picard, dalam Dr Yekti Maunati, LKiS terbitan tahun 2004 menyampaikan bahawa pemerintahan Orde Baru di bawah Soeharto berperanan dalam membentuk identiti orang Bali. Picard menjelaskan panjang lebar cara-cara yang digunakan pemerintah Orde Baru untuk mendomestifikasi identiti-identiti etnik demi mengakomodasi dalam kerangka proses pembangunan ekonomi. Untuk itu pemerintah Orde Baru mempromosikan sebuah identiti provinsi yang homogen dan itu bererti mengabaikan keberagaman etnik di dalam setiap provinsi.
“Citra turistik atas Bali menginginkan Bali untuk tetap ajeg (Bali yang tetap kukuh) sebagai pulau surga – tempat di mana pelancong boleh menikmati kedamaian. Sebagai pulau syurga, Bali harus sentiasa terjaga, baik keamanan, kedamaian dan ketertiban. Konsekuensinya, tidak boleh ada kekecohan, kritik, kekerasan, konflik apalagi kerusuhan, kerana ini semua boleh menimbulkan kesan Bali tidak aman lagi. Walaupun banyak orang Bali merasa diberlakukan tidak adil, namun mereka tidak berani protes demi mempertahankan imaginasi pulau syurga.” ~ AA GN Ari Dwipayana, Desa Mawa Cara: Problematika Desa Adat di Bali, 2005
Menurut salah seorang peserta yang enggan namanya disiarkan, Bali pasca-pembantaian 1965/1966 bukanlah Bali dalam erti kata sebenar melainkan konstruk budaya yang dicitrakan oleh Orde Baru untuk mengkedepankan ritual semata-mata tanpa adanya solusi untuk memberdayakan masyarakat dan membanteras kemiskinan. Ritual Orde Baru sudah barang tentu berniat mempergunakan Bali dan rakyatnya untuk pengayaan elit politik.

Desa Adat dan warganya sejak detik itu sehingga sekarang menghabiskan masa dengan melakukan upacara demi upacara sehingga mengurangkan produktiviti kerja, penghilangan sumber pendapatan pertanian serta terjejasnya pendidikan semata-mata untuk mengekalkan Bali yang penuh budaya supaya dollar terus mengalir ke pulau ini walaupun hakikatnya mereka mendapat sisa-sisanya sahaja. Maka jangan hairan jika berkunjung ke Bali, anda pasti dapat menyaksikan ritual-ritual ini yang kadangkala memakan biaya yang sangat besar.

Semasa pertemuan dengan mangsa pembantaian 1965/1966 kelmarin, salah seorang dari mangsa sempat berkata gagasan Hindu Sosialis sempat berkumandang sebelum tragedi menyayat itu berlaku dan tambau beliau, andainya PKI dan golongan kiri berkuasa nescaya Hindu di Bali pada waktu ini akan lebih bermanfaat kepada kehidupan warganya terutama bidang kesihatan dan pendidikan.

Maka tidak menghairankan apabila Sultan Takdir Alisjahbana pernah berkata pada tahun 1980-an; “orang Bali jangan mau diperlakukan seperti di kebun binatang (zoo haiwan)”. Beliau menggunakan metafora untuk menunjukkan seperti haiwan di zoo, orang Bali dijaga dengan baik, tempatnya baik dan ramai pelawat berdatangan setiap hari. Namun di satu sisi orang Bali dipinggirkan dalam menentukan diri mereka sendiri dan citra Bali bukan lahir dari kesedaran orang Bali melainkan dicipta dan dibentuk orang lain.
“Kebanggan Bali dengan glamournya sektor kepartiwisataan (pelancongan) sesungguhnya belum mampu membangkitkan ekonomi kerakyatan secara merata. Kantong-kantong kemiskinan masih mewarnai kehidupan sebagian masyarakat yang tidak memiliki akses untuk mereguk manisnya madu yang dihasilkan oleh perkembangan sektor kepariwisataan. Justru penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan ini dihadapkan pada fenomena klasik seperti kesulitan mendapatkan kesempatan untuk belajar, pelayanan kesehatan yang standar dan lapangan pekerjaan sehingga semakin memarginalkan kehidupannya. Program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali yang bertujuan membantu rakyat miskin seperti bedah rumah serta Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) masih banyak menuai kritik dan keluhan masyarakat karena antara konsep di atas kertas dengan implementasi di lapangan masih jauh dari harapan” ~ I Nyoman Rutha Ady, penulis, pemerhati masalah-masalah sosial yang tinggal di Legian, Kuta (Bali Post, 1 Mac 2012)
Pengalaman saya sendiri bertemu pembantu jualan, pekerja hotel dan pekerja urut di kawasan pelancongan terkenal iaitu Kuta, Sanur dan Nusa Dua membenarkan pandangan ini. Rata-rata mereka yang saya temui bergelut untuk hidup dengan gaji sebesar 1 juta ke 1.5 juta rupiah setiap bulan dan ramai dari mereka datang dari Bali Utara dan Bali Timur yang penuh dengan kemiskinan akibat pembahagian kek ekonomi yang tidak merata dan penjajahan ekonomi yang hadir dalam bentuk pelaburan asing yang tidak manusiawi dan tebalnya mentaliti kolonial para pencinta seni budaya asing lagi arogan yang membuka republik dalam republik di kota Ubud dan belahan daerah lainnya. Tambah menyedihkan ramai di kalangan mereka tidak menghabiskan persekolahan dan lebih ekstrem ada yang tidak berpeluang untuk ke sekolah seumur hidup mereka.

Untuk informasi, kos hidup di Indonesia yang difahami murah selama ini sebenarnya tinggi jika kita mendapat wang gaji dalam rupiah, malah kos hidup di Malaysia jauh lebih murah. Secara mudah untuk setiap 100,000 rupiah secara “nilai” bersamaan dengan RM100, contohnya makan di KFC di sana memakan biaya 30,000 rupiah (RM30 secara “nilai”) dan di Malaysia hanya RM11.

Gabernor Bali lawan bendesa pakraman

Beberapa hari yang lepas terjadi perdebatan hangat diantara Gabernor Bali dengan bendesa pakraman (ketua adat) selaku tonggak desa pakraman yang merasa disisihkan dalam kemajuan sektor pelancongan di Bali dan menuntut perhatian lebih dari pemerintah provinsi Bali baik berupa insentif ataupun bentuk-bentuk lainnya. Hal ini menjadi debat panas diakibatkan kerana Gabernor menolak untuk melayani permintaan permintaan tersebut atas alasan menjadi bendesa pakraman adalah ngayah iaitu kerja bakti.

Perdebatan ini sangat menarik untuk diikuti bagi melihat bagaimana Gabernor sebagai ketua yang mewakili negara secara rasmi berhadapan dengan isu yang kritikal untuk pembangunan dan pelestarian budaya Bali supaya manfaatnya dinikmati oleh masyarakat Bali secara merata. Tidak terlepas untuk diperhatikan adalah bagaimana desa pakraman akan memposisikan peranan mereka seandainya pemerintah Bali terus dengan sikapnya.

Sebagai orang luar yang prihatin dengan kondisi Bali yang dijajah cukong-cukong yang memperbudakkan masyarakat tempatan, semoaga Bali ke depannya akan menyeimbangkan di antara tuntutan dollar dengan tuntutan kebajikan masyarakatnya. Kadangkala kita terpaksa berani untuk tidak mengikut hawa nafsu para pelancong yang berbondong-bondong datang tetapi dalam bahasanya memperlekeh dan memperbodohkan masyarakat tempatan.

Jangan sampai jenaka yang kerap muncul di Bali ini menjadi hal yang biasa nantinya, “orang Jawa jual bakso sampai mampu beli tanah… orang Bali menjual tanah untuk membeli bakso... Aneh!!”

tulisan ini pertama kali tersiar di The Malaysian Insider pada 2 Mac 2012

No comments: